Desain kemasan kue lumpur lumer Lumerlicious dengan visual storytelling

Authors

  • Ari Rimbawan Institut Desain dan Bisnis Bali Author
  • Elizabeth Vonny Miranto Institut Desain dan Bisnis Bali Author
  • I Gusti Ngurah Erlangga Bayu Rahmanda Putra University of National Education image/svg+xml Author

DOI:

https://doi.org/10.30998/jd.v13i1.61

Keywords:

Desain Kemasan, Kue Tradisional, Visual Storytelling, Identitas, Merek

Abstract

Banyak kemasan jajanan tradisional masih menggunakan desain sederhana dan kurang menarik sehingga kalah bersaing dengan jajanan modern yang menerapkan strategi visual branding inovatif. Kondisi ini menciptakan kesenjangan, di mana produk seperti Kue Lumpur Lumer Lumerlicious dengan kemasan konvensional belum mampu sepenuhnya menarik minat konsumen muda. Penelitian ini bertujuan merancang desain kemasan Kue Lumpur Lumer dari merek Lumerlicious dengan identitas visual baru yang sesuai dengan niche pasar yang dituju. Pendekatan visual storytelling digunakan untuk merepresentasikan kenikmatan produk secara kreatif sekaligus menegaskan positioning merek. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan melakukan wawancara secara online dengan pemilik bisnis, studi literatur, dan dokumentasi. Tahap selanjutnya masuk pada proses desain yang dibagi menjadi 3 tahap yaitu, pre design, design, dan post design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain kemasan baru dengan identitas visual dan storytelling yang kuat berhasil menciptakan kesan modern, segar, dan elegan, sekaligus mempertahankan nilai tradisional dari produk bagi remaja. Implikasi penelitian ini memberikan kontribusi nyata bagi desainer dan industri kuliner dalam mengembangkan strategi kemasan yang mengintegrasikan visual storytelling untuk memperkuat brand identity. Pendekatan ini membuktikan bahwa kemasan tradisional dapat ditransformasi menjadi lebih relevan, kreatif, dan sesuai dengan preferensi pasar kalangan muda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdo, A. M. E.-S. (2022). 'The Interrelationship Between Niche Marketing and Competitiveness.' International Design Journal, 12(3), 65–78.

Andhini, G. K., & Andanawarih, F. Q. (2023). 'The Importance of Brand Stories towards Brand Perception and Purchase Intention in Gen Z Indonesians.' The Winners, 23(2), 143–152. https://doi.org/10.21512/tw.v23i2.7481

Belliza, A., & Kusumawati, N. (2024). 'The Influence of Visual Attributes in Packaging Design on Generation Z’s Dessert Snack Purchasing Decision.' Journal of Consumer Studies and Applied Marketing, 2(1), 57–74. https://doi.org/10.58229/jcsam.v2i1.175

Brevi, F., Celi, M., & Gaetani, F. (2019). 'Creating Moodboards With Digital Tools: a New Educational Approach.' Education and New Developments 2019, 1, 507–511. https://doi.org/10.36315/2019v1end115

Cai, Y. (2025). 'Niche Brands Promotion Strategies in the Digital Age.' SHS Web of Conferences, 220, 03021. https://doi.org/10.1051/shsconf/202522003021

Fairuzabadi, M. (2021). 'Teknik Wawancara.' In Https://Fairuzelsaid.Upy.Ac.Id/Mpti/Teknik-Wawancara/.

He, X., Liu, B., & Li, S. (2017). 'Application of Illustration in Modern Packaging Design.' DEStech Transactions on Social Science, Education and Human Science, eemt. https://doi.org/10.12783/dtssehs/eemt2017/14432

Jansto, E., Cheben, J., Sedĭk, P., & Savov, R. (2024). 'Influence of Labelling Features on Purchase Decisions: Exploratory Study into the Generation Z Beverage Consumption Patterns.' Amfiteatru Economic, 26(67), 927. https://doi.org/10.24818/EA/2024/67/927

Lestari, N. P. E. B., Santosa, N. A., & Suharno, A. R. (2022). Peran Ilustrasi Bertema Indonesia pada Produk Minuman Terhadap Respon Emosi Konsumen. Jurnal Bahasa Rupa, 6(01), 11–19. https://bit.ly/jurnalbahasarupa

Lestari, S. K., Kadafi, M. R., Jatnika, T., Woelandhary, A. D., & Susanti, I. (2023). 'Workshop Redesain Kemasan Produk UMKM “Ayam Bakekok.” Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 3(3), 587–596.

Lovrić, E., Kovačević, D., & Brozović, M. (2024). 'Digital Illustration and Its Impact on Consumer Perception of Healthier Food Products.' International Symposium on Graphic Engineering and Design, 573–579. https://doi.org/10.24867/GRID-2024-p62

Mustikawan, A., Soedewi, S., Swasty, W., Pahme, N. F. M., & Shuib, A. S. M. (2024). 'Perancangan Kemasan Produk UMKM Kirihuchi Untuk Meningkatkan Pemasaran.' Visualita, 12(2), 228–243.

Novitasari, L. (2024). 'Studi Komparasi Desain Kemasan Lama Vitacimin dengan Desain Kemasan Terbaru Versi Tahun 2016 Varian Fresh Lemon.' Jurnal Desain, 11(2), 385. https://doi.org/10.30998/jd.v11i2.17907

Pratama, M. I. F. S., Nugraha, R., & Istianah, R. (2025). 'Analysis of the role of packaging design on brand identity with a case study of Sukabumi souvenirs “MOCHI” lampion.' BIO Web of Conferences, 148. https://doi.org/10.1051/bioconf/202414804024

Rimbawan, A., Wijaya, I. K. A. P., Sumadewa, I. N. Y., & Suryani, N. N. D. (2024). 'Re-branding Identitas Visual dalam Desain Kemasan Amenities Hospitality untuk Memperkuat Citra Merek.' Jurnal SASAK : Desain Visual dan Komunikasi, 6(1), 244–257. https://doi.org/10.30812/sasak.v6i1.4005

Riswanto, A. L., Kim, S., Williady, A., Ha, Y., & Kim, H. S. (2025). 'How Visual Design in Dairy Packaging Affects Consumer Attention and Decision-Making.' Dairy, 6(1), 1–15. https://doi.org/10.3390/dairy6010004

Sari, K. S., Venny, D., & Meidilisa, V. (2019). 'Penerapanmobilemarketing Dan Perbaikan Packaging Pada Umkm Sumatera Barat Tepung Dan Olahan Sala Uni Jamila.' Jurnal Hilirisasi IPTEKS, 2(3B), 305–314. https://doi.org/10.25077/jhi.v2i3.b.327

Sunandar, D., & Effendi, E. (2018). 'Penerapan Metode Brainstorming pada Pembelajaran Fisika Materi Wujud Zat.' JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 2(1), 38–42. https://doi.org/10.30599/jipfri.v2i1.209

Susilawati, Fajrina, N., & Dwi Pramesti, R. (2023). 'Peran Elemen Visual Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Kemasan Produk.' Journal of Computer Science and Visual Communication Design, 8(2), 322–332. https://doi.org/10.55732/jikdiskomvis.v8i2.903

Taylor, C. R., Borenstein, B., & Pangarkar, A. (2025). 'What, no logos? Why some minimalists prefer quiet luxury.' Psychology and Marketing, 42(1), 142–158. https://doi.org/10.1002/mar.22121

Vestad, H., & Steinert, M. (2019). 'Creating your own tools: Prototyping environments for prototype testing.' Procedia CIRP, 84, 707–712. https://doi.org/10.1016/j.procir.2019.04.225

Wang, L., Fang, X., Xiao, Y., Li, Y., Sun, Y., Zheng, L., & Spence, C. (2025). 'Applying Visual Storytelling in Food Marketing: The Effect of Graphic Storytelling on Narrative Transportation and Purchase Intention.' Foods, 14(15), 2572. https://doi.org/10.3390/foods14152572

Williams, W. R. (2019). 'Attending to the visual aspects of visual storytelling: using art and design concepts to interpret and compose narratives with images.' Journal of Visual Literacy, 38(1–2), 66–82. https://doi.org/10.1080/1051144X.2019.1569832

Downloads

Published

11/09/2025

How to Cite

Rimbawan, A., Miranto, E. V., & Putra, I. G. N. E. B. R. (2025). Desain kemasan kue lumpur lumer Lumerlicious dengan visual storytelling. Jurnal Desain, 13(1), 154-175. https://doi.org/10.30998/jd.v13i1.61