Estetika visual pada company profile Mara Hospitality Bali
DOI:
https://doi.org/10.30998/jd.v13i1.35Keywords:
Estetika Visual, Identitas Perusahaan, HospitalityAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi estetika visual dalam company profile Mara Hospitality, sebuah perusahaan yang berfokus pada manajemen dan penyewaan vila di Bali. Dalam konteks persaingan bisnis yang semakin ketat, perusahaan perlu memanfaatkan desain yang menarik untuk membangun citra positif dan berkomunikasi secara efektif dengan audiens. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yang mencakup analisis elemen desain seperti tata letak, pemilihan warna, tipografi, dan gambar pada berbagai media promosi, termasuk brosur, kartu nama, dan feed Instagram. Dengan merujuk pada teori estetika Immanuel Kant, penelitian ini menekankan bahwa keindahan dalam desain tidak hanya berfungsi untuk menarik perhatian, tetapi juga untuk menyampaikan identitas dan nilai-nilai perusahaan secara jelas. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa desain yang harmonis dan profesional dapat menciptakan kesan mendalam serta membangun kepercayaan di kalangan audiens. Selain itu, konsistensi dalam elemen visual di media sosial memperkuat citra Mara Hospitality sebagai penyedia layanan akomodasi yang mewah dan berkualitas.
Downloads
References
Adidrana, D., Lumenta, A., Sugiarso, B. A., & Tulenan, V. (2013). Perancangan Kartu Nama dengan Augmented Reality sebagai Portofolio Digital. JTEK: Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 2(2). https://doi.org/10.35793/jtek.v2i2.1603
Al Haq, S., & Surya Patria, A. (2022). Perancangan Template Feed Instagram Sebagai Media Promosi Café Ulala (Unesa Learning Laboratory) Surabaya. Jurnal Barik, 3(2), 30–45. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
Cahyani, A. A., Kholik, A., & Rizki, M. F. (2024). Optimalisasi Komunikasi Digital dalam Penerapan Visual Sosial pada Desain atau Layout Website Company profile. Jurnal Syntax Admiration, 5(7), 2447–2461. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i7.1303
Cahya Natalina, C., & Mutmainah, S. (2024). Berkarya Tipografi Bertema Gaya Hidup Berkelanjutan Pada Pelaksanaan P5 di SMPN 22 Surabaya. Jurnal Seni Rupa (Vol. 12, Issue 2). http://journal.unesa.ac.id/index.php/jadaja
Dewi, W. N., Sevtiana, A., Suwandi, S., & Julaeha, T. S. (2022). Perancangan Brand Identity dan Banner Sebagai Media Promosi Bumabee Fashion Untuk Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal Digit, 12(1), 54. https://doi.org/10.51920/jd.v12i1.217
Dwi Albahi, H. (2021). Kajian Makna dan Konsep Estetik Pada Ilustrasi Harimau Karya Bodilpunk. (Vol. 24). Ars: Jurnal Seni Rupa dan Desain, 24(3), 173-184. https://doi.org/10.24821/ars.v24i3.4883
Filieri, L. (2021). Concept-less Schemata: The Reciprocity of Imagination and Understanding in Kant’s Aesthetics. Kantian Review, 26(4), 511–529. https://doi.org/10.1017/S1369415421000480
Firdaus, A. P., Rahmawaty, D., & Nuh, M. (2024). Perancangan Visual Company profile “ Pable ”. Jurnal Desain STDI, 5(1). http://dx.doi.org/10.33376/jdes.v5i1.2558
Ghiyats Abdulhafizh, L., & Djatiprambudi, D. (2020). Perancangan Company profile Jurusan Desain Universitas Negeri Surabaya. In Jurnal Barik (Vol. 1, Issue 1). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
Gunawan, O. A., & Masnuna. (2023). Perancangan Company profile Sebagai Media Promosi PT Bhineka Advertising. Jurnal Seni Dan Desain, 1(6), 62–69.
Jiang, Q. (2022). Kantian Aesthetics: Free Beauty in Fine Arts. 4th International Conference on Art, Design, and Cultural Studies. https://doi.org/10.54691/bcpssh.v15i.371
Klaudia1, M. I., Ismanto, A., Nayadilaga3, A. R., Desain, P., Rupa, S., Desain, D., & Korespondensi, P. (2023). Analisis Elemen Estetis pada Rancangan Interior Lobby Hotel Royal Safari Garden Bogor. Mezanin: Jurnal Ilmiah Desain Interior, 5(2), 75-80. https://doi.org/10.24912/mzn.v5i2.30460
Kusuma, I. A., Eviana, N., Usaha, P., Pariwisata, W. A., & Jakarta, I. (2022). Strategi Agresif Melalui Pengayaan Media Sosial Dalam Meningkatkan Kualitas Promosi Di Desa Wisata Sarongge Kabupaten Cianjur. Eduturisma, 7(1). https://ejournal.akpindo.ac.id/index.php/eduturisma/article/view/1234
Lestari, N., Mair Romegar, Z., & Afrizal Subhan, A. (2021). Company profile Pada Kantor Desa Lumpatan 1 Berbasis Web.
Made, N., Indrayati, S., & Darmayanti, T. E. (2024). Pengaruh Tata Ruang Terhadap Kenyamanan Penghuni: Daerah Babakan Jeruk dan Sukakarya Bandung. Jurnal Pengetahuan & Perancangan Desain Interior, 12(2).
Megadini, R., & Anggapuspa, M. L. (2021). Perancangan Feed Instagram Sebagai Media Promosi Tape Ketan Surabaya. Jurnal Barik, 3(1), 69–81. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
Mudra, I. W., Raharja, I. G. M., & Sukarya, I. W. (2021). Estetika Visual Kriya Keramik Berornamen Wayang Khas Bali. Gondang: Jurnal Seni Dan Budaya, 5(1), 53. https://doi.org/10.24114/gondang.v5i1.21036
Natalia, D., Magdalena, E., Pranata, A., & Wijaya Judy, N. (2022). View of Filsafat dan Estetika Menurut Arthur Schopenhauer. https://www.ejournal-iakn-manado.ac.id/index.php/clef/article/view/1111/747
Ningsih, Y. A., Agus, E., & Oemar, B. (2021). Perancangan Company profile PT. Widarecon Multi Berkah Sebagai Media Promosi. Jurnal Barik, 2(3), 97–110. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
Ongkowidjojo, M. C., Mudra, I. W., & Julianto, I. N. L. (2024). Analisis tata letak dan komposisi pada situs niaga-el dr. evoo®. Jurnal Desain, 11(3), 684-698.
Pasopati, R. U., Firda, E. H., Ayu, E. R., Fahmi, M. A. R., & Salsabiyla, R. (2024). Kant’s Aesthetic Essentiality as Exposed on Selena Gomez’s Who Says. Journal Corner of Education, Linguistics, and Literature, 3(3), 263–276. https://doi.org/10.54012/jcell.v3i3.253
Rosita, D. Q. (2022). Analisis Tipografi pada Logotype dan Konten Instagram @Souri.Bkk Signature Box. Jurnal Desain, 9(3), 415. https://doi.org/10.30998/jd.v9i3.11983
Seroja, A., Putra, S., & Camelia, I. A. (2024). Perancangan Media Promosi Untuk Home Industry Batik Cempaka Mojokerto. Jurnal Seni Rupa, 2(4). http:/e/journal.unesa.ac.id/index.php/va
Simanjuntak, M. B. B. (2024). Memeriksa Inkonsistensi Estetika Dampak Immanuel Kant versus Gagasan Proto-Naturalisme Non-Deterministik David Hume dalam Etika Kantian. Jurnal Dekonstruksi, 10(2), 31-38. https://doi.org/10.54154/dekonstruksi.v10i02.228
Wahyu Sukayasa, K. (2024). Kajian Struktur Bentuk dan Ruang pada Karya Komposisi 2 Dimensi Sebagai Media Peningkatan Pemahaman Estetika. Candra Rupa: Journal of Art, Design, and Media, 3(2), 90–96. https://doi.org/10.37802/candrarupa.v3i2.799
Wenzel, C. H. (2009). Kant’s Aesthetics: Overview and Recent Literature. Philosophy Compass, 4(3), 380–406. https://doi.org/10.1111/j.1747-9991.2009.00214.x
Widyatmoko, F. (2023). Prinsip Ruang Kosong Pada Tata Letak Isi Buku Cetak. DeKaVe, 16(1). https://doi.org/10.24821/dkv.v16i1
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sifa Chodizah, Ni Wayan Nandaryani, I Wayan Gede Budayana (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This license allows users to:
- Share: Copy and redistribute the material in any medium or format.
- Adapt: Remix, transform, and build upon the material to create derivative works.
These freedoms are granted under the following mandatory conditions:
- Attribution (BY)
You must give appropriate credit to the original author(s) and Jurnal Desain, provide a link to the license, and indicate if any changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor (the author or the journal) endorses you or your use. When citing the work, reusers must include the article’s Digital Object Identifier (DOI) for permanent citation. - NonCommercial (NC)
You may not use the material for commercial purposes. Commercial purposes are defined as uses primarily intended for or directed towards commercial advantage or monetary compensation. For any commercial use, republication, or incorporation into commercial products, you must seek and obtain specific permission from the copyright holder(s). - No Additional Restrictions
You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Official Legal Code: For the complete and legally binding terms of this license, please refer to the official legal code: Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International Public License: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/.








