Pemanfaatan limbah veneer kayu dalam perancangan kabinet dengan motif geometris sebagai unsur hias
DOI:
https://doi.org/10.30998/jd.v13i1.38Keywords:
Kabinet, Limbah Veneer Kayu, Furniture, Design ThinkingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat produk furnitur berupa kabinet yang berasal dari pemanfaatan limbah veneer kayu guna meningkatkan nilai tambah ekonomi dan mengurangi dampak negatif dari menumpuknya limbah veneer kayu. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya limbah veneer kayu yang berasal dari industri mebel dan gudang jasa tempel veneer. Selama ini limbah veneer kayu hanya dibuang begitu saja dan apabila dibakar dapat menyebabkan polusi udara dan gangguan kesehatan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan design thinking, adapun 5 tahapan design thinking yaitu emphatize (pengamatan di lingkungan sekitar), define (identifikasi masalah), ideate (pengembangan ide), prototype (pembuatan produk), dan test (uji coba produk). Tujuan dari penelitian ini adalah merancang produk kabinet yang memiliki fungsi khusus untuk menyimpan barang-barang dan diletakkan di ruang tamu. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah prototipe dari produk kabinet yang selanjutnya akan dilakukan tes pasar kepada segmentasi pasar yang telah ditentukan. Produk kabinet menggunakan material kombinasi limbah veneer (jati dan mindi), mdf, dan besi/aluminium. Selain memberikan Solusi untuk mengurangi limbah veneer, penelitian ini juga membuka peluang ekonomi baru bagi industri mebel. Produk kabinet dari pemanfaatan limbah veneer ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian lokal dan lingkungan sekitar.
Downloads
References
Adhim, M. F., Wibowo, D., & Susila, D. A. (2024). ‘Pemanfaatan Material Limbah Kayu Jati Dari PT Risko Java Rajasa Group dalam Perancangan Kabinet TV Mininalis Dengan Teknik Salur Untuk Meningkatkan Nilai Tambah Ekonomi.' Journal of Social and Economics Research, 6(1), 1966-1977. https://doi.org/10.54783/jser.v6i1.534
Eradatifam, M., Heydarabati, S., & Shahbazi, A. (2020). 'The Impact of Design Thinking on Innovation'. Journal of Design Thinking, 1(1), 49-60.
Gabrielle, & Ismanto, A. (2021). 'Perancangan Mebel Multifungsi pada Kamar Tidur Anak 2 di Harvest City.' SRIMDI, 310-317.
Julius, P., & Zelnik, M. (1979). Dimensi Manusia & Ruang Interior. Jakarta: Erlangga.
Madanih, R., Susandi, M., & Zhafira, A. (2019). 'Penerapan Design Thinking Pada Usaha Pengembangan Budi Daya Ikan Lele Di Desa Pabuaran, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor.' Journal of Business and Entrepreneurship, 55-64.
Madawara, H. Y., Tanaem, P. F., & Bangkalang, D. H. (2022). 'Perancangan UI/UX Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) Design Thinking.' Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 5(2), 111-125. https://doi.org/10.37792/jukanti.v5i2.560
Margaretta, Y., Despayani, T. A., Amri, Y., Watunglawar, D. N., & Taryana, A. (2024). 'Implementasi Design Thinking Pada Prototype Konten Media Sosial Produk AC Ramah Lingkungan.' JIMEA: Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 8(2), 1904-1923. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4260
Maylinda, F. I., Soewardikoen, D. W., Azhar, H., & Hadiansyah, M. N. (2025). 'Perancangan totebag upcycle dari limbah pakaian dan botol plastik bank sampah Bersinar.' Jurnal Desain, 12(2). 348-363. http://dx.doi.org/10.30998/jd.v12i2.26105
Misfanny, R. C., Soeprayogi, H., & Mangatas. (2020). 'Eksperimen Kreatif Desain Motif Hias Geometris Pada Papan Berpaku (Geoboard).' Gorga : Jurnal Seni Rupa, 9(1), 145-151.
Muhammad, F., Dharma, Y. A., & Pribadi, M. R. (2022). 'Pengembangan UI/UX pada Aplikasi Go-Print dengan Menggunakan Metode Design Thinking.' MDP Student Conference, 392-397.
Mustika, P. W., & Sutajaya, I. M. (2016). 'Ergonomi Dalam Pembelajaran Menunjang Profesionalisme Guru Di Era Global.' Jurnal Pendidikan Indonesia, 82-96.
Putra, M. A., & Rochyat, I. G. (2017). 'Rancang Bangun Rak Multiguna Ergonomis Untuk Menggantung Jaket dan Helm.' Jurnal Inosains, 42-47.
Rokhmalia, F., Sulistyorini, L., & Soedjajadi. (2016). 'Peningkatan Aktivitas Enzim Sodserum Dan Keluhan Kesehatan Terhadap Paparan Asap Pembakaran Kayu Pada Pekerja. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes,' 7(2), 98-102. http://dx.doi.org/10.33846/sf.v7i2.24
Sari, I. P., & Kartina, A. H. (2020). 'Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Class Di Kampus UPI Cibiru.' Jurnal Pendidikan Multimedia , 45-55.
Soedewi, S., Mustikawan, A., & Swasty, W. (2022). 'Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan Website UMKM Kirihuci.' Visualita Jurnal Online Desain Komunikasi Visual, 17.
Susila, D. A., Duansah, R., & Mohammad, G. (2020). 'Perancangan Almari Kabinet Sistem Veneer.' Jurnal Suluh, 3(1), 1-12. https://doi.org/10.34001/jsuluh.v3i1.1629
Sutanto, S. Y., Kurniawan, F., Rijaya, R., & Firmansyah, M. (2022). 'Penerapan Design Thinking pada Perancangan User Interface Aplikasi Supplier Sayur.' MDP Student Conference, 284-289. https://doi.org/10.34001/jsuluh.v3i1.1629
Sutarman, I. W. (2016). 'Pemanfaatan Limbah Industri Pengolahan Kayu di Kota Denpasar (Studi Kasus Pada CV Aditya).' Jurnal PASTI, 15-22.
Suyasa, W. B. (2015). Pencemaran Air & Pengolahan Air Limbah. Denpasar: Udayana University Press.
Vidyaprabha, K., Susanto, E. T., Jayadi, N., & Prasetya, R. D. (2022). 'Desain Kabinet Multifungsi untuk Ruang Sempit Apartemen.' Jurnal Desain Indonesia, 4(1), 25-33.
Wibowo, M. R., & Setiaji, H. (2020). 'Perancangan Website Thriftdoor Menggunakan Metode Pendekatan Design Thinking.' Automata.
Widodo, A. C., & Wahyuni, E. G. (2021). 'Penerapan Metode Pendekatan Design Thinking dalam Rancangan Ide Bisnis Kalografi.' Automata, 2(2). https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/view/19552
Zaki, A., & Sukoco, I. (2018). 'Use Of Design Thinking At Digital Technology Consultant Company Indie Labtek Bandung.' Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan, 3(2), 123-129. https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v3i2.18469
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Luthfi, Dwi Agus Susila, Drajad Wibowo (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This license allows users to:
- Share: Copy and redistribute the material in any medium or format.
- Adapt: Remix, transform, and build upon the material to create derivative works.
These freedoms are granted under the following mandatory conditions:
- Attribution (BY)
You must give appropriate credit to the original author(s) and Jurnal Desain, provide a link to the license, and indicate if any changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor (the author or the journal) endorses you or your use. When citing the work, reusers must include the article’s Digital Object Identifier (DOI) for permanent citation. - NonCommercial (NC)
You may not use the material for commercial purposes. Commercial purposes are defined as uses primarily intended for or directed towards commercial advantage or monetary compensation. For any commercial use, republication, or incorporation into commercial products, you must seek and obtain specific permission from the copyright holder(s). - No Additional Restrictions
You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Official Legal Code: For the complete and legally binding terms of this license, please refer to the official legal code: Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International Public License: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/.








