Penguatan Museum Sumpah Pemuda sebagai destinasi wisata sejarah melalui motion graphic

Authors

  • Princess Slyny Audrey Institut Desain dan Bisnis Bali Author
  • Ngurah Gede Dwi Mahadipta Institut Desain dan Bisnis Bali Author
  • I Nyoman Larry Julianto Institut Seni Indonesia Bali Author

DOI:

https://doi.org/10.30998/jd.v13i1.41

Keywords:

Museum Sumpah Pemuda, Motion Graphic, Cagar Budaya, Pendidikan Sejarah

Abstract

Penelitian ini bertujuan merancang media informasi berupa Iklan Layanan Masyarakat (ILM) untuk mempromosikan dan meningkatkan pengetahuan masyarakat, khususnya pelajar, mengenai Cagar Budaya "Museum Sumpah Pemuda". Perancangan ini didasari oleh minimnya informasi dan kesadaran publik akan pentingnya museum sebagai situs bersejarah. Konsep perancangan karya menggunakan gaya kartun dengan teknik vector cell shading yang disajikan dalam bentuk video penggabungan teknik motion graphic, animasi 2D, dan videografi. Visual yang menarik ini diperkaya dengan audio fun dan narasi voice over untuk menciptakan alur cerita informatif yang lebih menarik. Metode desain yang digunakan adalah metode Luther yang mencakup enam tahapan: Konsep, Perancangan, Pengumpulan Bahan, Pembuatan, Pengujian, dan Pendistribusian.Data dikumpulkan melalui observasi, studi literatur, kuesioner terhadap 137 responden, dan wawancara langsung dengan pihak Museum Sumpah Pemuda. Hasil uji evaluasi karya terhadap 220 responden menunjukkan bahwa perancangan ILM dengan teknik motion graphic, storytelling, dan elemen visual yang efektif mampu meningkatkan minat masyarakat untuk mempelajari dan mendalami situs-situs sejarah, termasuk cagar budaya lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, B. (2023). Perancangan Video Profile Museum Gatot Subroto. Universitas Kristen Satya Wacana. https://repository.uksw.edu//handle/123456789/30306

Alfiani, J., Ridha, Muh. R., Yunita, F., & Rosliana, R. (2024). ‘Penerapan Model Pengembangan Luther Dalam Pembuatan Video Promosi Kampus.’ Jurnal Perangkat Lunak, 6(2), 341–350. https://doi.org/10.32520/JUPEL.V6I2.3441

Anggraini, L., & Nathalia, K. (2014). Desain Komunikasi Visual: Panduan untuk Pemula. Bandung: Nuansa Cendekia.

Fridsma, L., & Gyncild, B. (2024). Adobe After Effects Classroom in a Book 2024 Release. Berkeley: Peachpit.

Habsari, S. U. H. (2016). ‘Analisa Semiotika Komunikasi Visual Iklan Layanan Masyarakat Lingkungan Hidup.’ Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 3(2), 106–113. https://doi.org/10.32699/PPKM.V3I2.344

Herlina, N., Skober, T. R., & Adyawardhina, R. (2024). ‘Upaya Peningkatan Minat Baca Generasi Milenial Dengan Penyediaan Fasilitas di Perpustakaan Riyadlul Jannah Desa Cikeruh Jatinangor.’ Midang, 2(3), 124–130. https://doi.org/10.24198/midang.v2i3.58168

Kemendikdasmen. (2025). Jumlah Cagar Budaya Per Provinsi. Kemendikdasmen. https://referensi.data.kemdikbud.go.id/kebudayaan/cagarbudaya

Kharishma, V., Firnandi, R., Iqbal, M., & Krishnasari, E. D. (2018). ‘Perancangan Motion Graphic untuk Iklan Layanan Masyarakat berjudul Go Green dengan Rumah Ekologis.’ SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE,6(1), 2-1–1. https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/1952

Mahardhika, S., & Fathoni, A. F. C. A. (2013). ‘Storyboard dalam Pembuatan Motion Graphic.’ Humaniora, 4(2), 1183–1189. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i2.3560

Margery, F., & Saputra, M. G. (2023). ‘Perancangan Motion Graphic sebagai Media Promosi Alternatif Museum Bahari Jakarta. ‘Titik Imaji, 6(1), 45–57. https://doi.org/10.30813/.V6I1.3700

Monica, M., & Luzar, L. C. (2011). ‘Efek Warna dalam Dunia Desain dan Periklanan.’ Humaniora, 2(2), 1084–1096. https://doi.org/10.21512/humaniora.v2i2.3158

Nasution, U. K., Nasrullah, M. F. A., Prasetyaningsih, S., & Rahmi, A. (2023).’ Pembuatan Desain Karakter Animasi 2D “Terjebak Hoaks” Dalam Bentuk Vektor.’ Journal of Applied Multimedia and Networking, 7(1), 73–80. https://doi.org/10.30871/JAMN.V7I1.5748

Nataliyani, S. E., Bezaleel, M., Maharani, P. I., & Prestiliano, J. (2024). ‘Kampanye Pencegahan Stunting Menggunakan Media Video Motion Graphic di Kecamatan Sumowono.’ Jurnal Desain, 12(1), 65. https://doi.org/10.30998/jd.v12i1.23442

Nathania, R. Y., Sjafirah, N. A., & Sirait, R. A. (2024). ‘Tingkat Kepuasan Gen Z Menonton Konten Video Berita Pendek Ini Narasi Di Tiktok @Narasi.’ Jurnal Bisnis Dan Komunikasi Digital, 1, 1–11. https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i4.3020

Novariza, E., & Ahdian, D. (2024). ‘Implementasi UU Nomor 11 Tahun 2010 Tentang Cagar Budaya Oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung: Studi Tentang Pengelolaan Cagar Budaya di Situs Gunung Anday Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung.’ JISIPOL: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 8(2), 74–83. https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/jisipol/article/view/1432

Romdona, S., Junista, S. S., & Gunawan, A. (2025). ‘Teknik Pengumpulan Data: Observasi, Wawancara dan Kuesioner.’ JISOSEPOL: Jurnal Ilmu Sosial Ekonomi dan Politik, 3(1), 39–47. https://doi.org/10.61787/TACEEE75

Salwia, Nurlela, & Rijal, M. (2025). ‘Museum Sumpah Pemuda Sebagai Saksi Bisu Perjuangan Bangsa: Studi Deskriptif Warisan Sejarah.’ PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 4(2), 3326–3332. https://doi.org/10.56799/PESHUM.V4I2.7853

Wulandari, S. S. & Birsyada, M. I. (2024). The The Role of The TNI AD Dharma Wiratama Museum In Enhancing Understanding of The Independence Struggle In Historical Education. International Conference on Aplied Social Sciences in Education, 1(1), 631–638. https://doi.org/10.31316/icasse.v1i1.6862

Trianita, B. & Dewantara, Y. F. (2021). Analisis Ketidaktertarikan Pengunjung Datang Ke Museum Perjuangan Kota Bogor. Journal of Tourism Destination and Attraction, 9(3), 50–62. https://doi.org/10.35814/TOURISM.V9I3.2246

Downloads

Published

11/09/2025

How to Cite

Audrey, P. S., Mahadipta, N. G. D., & Julianto, I. N. L. (2025). Penguatan Museum Sumpah Pemuda sebagai destinasi wisata sejarah melalui motion graphic. Jurnal Desain, 13(1), 86-98. https://doi.org/10.30998/jd.v13i1.41