Perancangan pocket zine dengan pendekatan gamifikasi sebagai media pendamping terapi self-compassion bagi generasi z

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30998/jd.v13i1.42

Keywords:

Pocket Zine, Gamifikasi, Self-Compassion, Generasi Z, Media Terapi

Abstract

Perancangan ini bertujuan untuk merancang sebuah media berupa pocket zine sebagai media pendamping terapi self-compassion bagi Generasi Z. Permasalahan kesehatan mental yang dewasa ini menjadi fokus masalah Generasi Z usia sekolah, terutama jenjang SMA dan Perguruan Tinggi memerlukan media pendamping sebagai upaya pemecahan masalah tersebut. Dengan menggunakan pendekatan elemen gamifikasi yang relevan dengan generasi game native diharapkan dapat menjadi pendekatan yang efektif, terutama dalam memberikan pengalaman aktif saat menggunakan media dengan hadirnya elemen permainan. Pemanfaatan pocket zine yang merupakan media pendamping juga diharapkan dapat memfasilitasi praktik self-compassion secara mandiri dan berkelanjutan. Pengumpulan data dilakukan dengan deep interview dan analisa data untuk menentukan kebutuhan dan user persona yang menjadi target spesifik yaitu rentang usia 16-25 tahun. Metode perancangan yang digunakan adalah dengan menggunakan metode 4D yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Hasil dari perancangan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi praktis dalam pengembangan media intervensi psikologis yang inovatif dan relevan dengan karakteristik Generasi Z. Hasil Perancangan media zine diberikan kepada psikolog untuk secara aplikatif dapat diimplementasikan sebagai media pendamping secara langsung dalam praktik klinis maupun konselor.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyani, B. H., & Putrianti, F. G. (2021). ‘Psikoedukasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Ibu Dalam Pengasuhan Positif.’ PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 3(1), 107. https://doi.org/10.30872/plakat.v3i1.5844

Daska, A. T., Resmadi, I., & Kadarisman, A. (2025). ‘Perancangan Zine Sebagai Media Informasi Mengenai Pada Siswi SMA di Kota Pekanbaru.’ E-Proceeding of Art and Design, 12(4), 5219-5237. https://repository.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/235202/jurnal_eproc/perancangan-zine-sebagai-media-informasi-mengenai-kesadaran-penggunaan-skincare-yang-aman-dan-tepat-pada-siswi-sma-di-kota-pekanbaru-dalam-bentuk-buku-karya-ilmiah.pdf

Dewi, K., Sopyan, N. A. Z., Putri, N. A. S., & Rozak, R. W. A. (2024). ‘Dampak Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Gen Z .’ LIBEROSIS: Jurnal Psikologi Dan Bimbingan Konseling, 2(3), 21–30.

Fatimah, M., Dewi, R. P., & Aini, L. N. (2024). ‘Psikoedukasi Literasi Kesehatan Mental pada Generasi Z.’ Setia Mengabdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2).

Febrianti, V., & Boediman, L. M. (2024). ‘Strategi Self-Compassion: Mengurangi Stres di Kalangan Siswa SMA.’ JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 16(2), 229–244. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol16.iss2.art6

Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Jakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.

Ismail, T. (2022). ‘Kreativitas Konselor Dalam Pengembangan Media Bimbingan Dan Konseling Impact.’ Aflah Consilia : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 01(1), 22–33. http://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/aflah/index

Kemenkes. (2018). Laporan Nasional RISKESDAS.

Kemenkes. (2023). Depresi pada Anak Muda di Indonesia.

Masriyudin, Fauzi, A., & Atiyah. (2024). ‘Pengaruh Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Generasi Z.’ Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Non Formal, 145–151.

Maulana, R. D., & Hidayatullah, S. (2019). Perancangan Zine Pengenalan dan Penyikapan Quarter Life Crisis Untuk Anak Muda Usia 20-24 Tahun Daerah Kota Jakarta. E-Proceeding of Art & Design, 4093–4101.

Mochtar, M. Z. (2023). Menyelisik Kekuatan Mereka Invisible But Real. Jakarta: Deepublish Digital.

Nurlaila, C., Aini, Q., Setyawati, S., & Laksana, A. (2024). ‘Dinamika Perilaku Gen Z Sebagai Generasi Internet.’ Konsensus : Jurnal Ilmu Pertahanan, Hukum Dan Ilmu Komunikasi, 1(6), 95–102. https://doi.org/10.62383/konsensus.v1i6.464

Oktariani, & Ayu, L. (2025). ‘Psikoedukasi : Generasi Z dan Kesehatan Mental.’ Gotong Royong : Jurnal Pengabdian, Pemberdayaan Dan Penyuluhan Kepada Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.51849/jp3km.v4i2.77

Phangadi, M. (2019). ‘Peningkatan Pengidap Penyakit Mental pada Generasi Z Periode 2013-2018.’ INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/p6ms3

Phillips, W. J., & Wisniewski, A. T. (2021). ‘Self-Compassion Moderates The Predictive Effects of Social Media Use Profiles on Depression And Anxiety.’ Computers in Human Behavior Reports, 4, 100128. https://doi.org/10.1016/j.chbr.2021.100128

Himpunan Psikologi Indonesia. (2010). Kode Etik Psikologi Indonesia. Jakarta: Pengurus Pusat Himpunan Psikologi Indonesia.

Rosly, R., & Khalid, F. (2017). ‘Gamifikasi : Konsep dan Implikasi dalam Pendidikan.’ Pembelajaran Abad Ke-21: Trend Integrasi Teknologi, 144 (154), 1903–1910.

Sabam, F., Argindo, E., Maslan, R., Program, S., Desain, S., Visual, K., Rupa, S., & Desain, D. (2022). ‘Penggunaan Zine Sebagai Media Pengenalan Stage of Grief Kepada Remaja.’ Jurnal Komunikasi Visual Wimba, 13(2).

Septania, S., & Proborini, R. (2020). ‘Self-Compassion, Grit dan Adiksi Internet pada Generasi Z.’ Analitika, 12(2), 138–147. https://doi.org/10.31289/analitika.v12i2.4175

Tali, E., Potharst, E. S., de Bruin, E. I., & Utens, E. M. W. J. (2023). ‘Self-Compassion and Anxiety in Adolescents with and without Anxiety Disorder.’ Children, 10(7), 1181. https://doi.org/10.3390/children10071181

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.

Umaroh, A. K., Kurnia, S. I., Kusumaningtyas, B. M., Shabrina, F. A. N., Pratiwi, F. S., Hidayat, W. T., & Faiza, S. A. (2025). ‘School Heroes sebagai program edukasi kesehatan siswa SMP dengan Zine P3P.’ Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 6(2), 635–646. https://doi.org/10.33474/jp2m.v6i2.23734

Wibisono, G., & Hakim, Z. A. (2022). ‘Telaah Literatur Sistematis Intervensi Dalam Usaha Meminimalisir Quarter Life Crisis.’ Happiness, Journal of Psychology and Islamic Science, 6(2), 75–88. https://doi.org/10.30762/happiness.v6i2.552

Yanuar, A., Amanta, A. G., Puteri, M., Dahesihsari, R., & Ajisuksmo, C. R. P. (2021). ‘Self-Compassion Bagi Sandwich Generation: Program Psikoedukasi Melalui Media Sosial Instagram.’ Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(3). https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i3.13458

Downloads

Published

11/09/2025

How to Cite

Zunan, A. B., Prawira, N. G., & Johari, A. (2025). Perancangan pocket zine dengan pendekatan gamifikasi sebagai media pendamping terapi self-compassion bagi generasi z. Jurnal Desain, 13(1), 99-115. https://doi.org/10.30998/jd.v13i1.42