Perancangan pocket zine dengan pendekatan gamifikasi sebagai media pendamping terapi self-compassion bagi generasi z
DOI:
https://doi.org/10.30998/jd.v13i1.42Keywords:
Pocket Zine, Gamifikasi, Self-Compassion, Generasi Z, Media TerapiAbstract
Perancangan ini bertujuan untuk merancang sebuah media berupa pocket zine sebagai media pendamping terapi self-compassion bagi Generasi Z. Permasalahan kesehatan mental yang dewasa ini menjadi fokus masalah Generasi Z usia sekolah, terutama jenjang SMA dan Perguruan Tinggi memerlukan media pendamping sebagai upaya pemecahan masalah tersebut. Dengan menggunakan pendekatan elemen gamifikasi yang relevan dengan generasi game native diharapkan dapat menjadi pendekatan yang efektif, terutama dalam memberikan pengalaman aktif saat menggunakan media dengan hadirnya elemen permainan. Pemanfaatan pocket zine yang merupakan media pendamping juga diharapkan dapat memfasilitasi praktik self-compassion secara mandiri dan berkelanjutan. Pengumpulan data dilakukan dengan deep interview dan analisa data untuk menentukan kebutuhan dan user persona yang menjadi target spesifik yaitu rentang usia 16-25 tahun. Metode perancangan yang digunakan adalah dengan menggunakan metode 4D yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Hasil dari perancangan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi praktis dalam pengembangan media intervensi psikologis yang inovatif dan relevan dengan karakteristik Generasi Z. Hasil Perancangan media zine diberikan kepada psikolog untuk secara aplikatif dapat diimplementasikan sebagai media pendamping secara langsung dalam praktik klinis maupun konselor.
Downloads
References
Cahyani, B. H., & Putrianti, F. G. (2021). ‘Psikoedukasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Ibu Dalam Pengasuhan Positif.’ PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 3(1), 107. https://doi.org/10.30872/plakat.v3i1.5844
Daska, A. T., Resmadi, I., & Kadarisman, A. (2025). ‘Perancangan Zine Sebagai Media Informasi Mengenai Pada Siswi SMA di Kota Pekanbaru.’ E-Proceeding of Art and Design, 12(4), 5219-5237. https://repository.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/235202/jurnal_eproc/perancangan-zine-sebagai-media-informasi-mengenai-kesadaran-penggunaan-skincare-yang-aman-dan-tepat-pada-siswi-sma-di-kota-pekanbaru-dalam-bentuk-buku-karya-ilmiah.pdf
Dewi, K., Sopyan, N. A. Z., Putri, N. A. S., & Rozak, R. W. A. (2024). ‘Dampak Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Gen Z .’ LIBEROSIS: Jurnal Psikologi Dan Bimbingan Konseling, 2(3), 21–30.
Fatimah, M., Dewi, R. P., & Aini, L. N. (2024). ‘Psikoedukasi Literasi Kesehatan Mental pada Generasi Z.’ Setia Mengabdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2).
Febrianti, V., & Boediman, L. M. (2024). ‘Strategi Self-Compassion: Mengurangi Stres di Kalangan Siswa SMA.’ JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 16(2), 229–244. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol16.iss2.art6
Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Jakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.
Ismail, T. (2022). ‘Kreativitas Konselor Dalam Pengembangan Media Bimbingan Dan Konseling Impact.’ Aflah Consilia : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 01(1), 22–33. http://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/aflah/index
Kemenkes. (2018). Laporan Nasional RISKESDAS.
Kemenkes. (2023). Depresi pada Anak Muda di Indonesia.
Masriyudin, Fauzi, A., & Atiyah. (2024). ‘Pengaruh Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Generasi Z.’ Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Non Formal, 145–151.
Maulana, R. D., & Hidayatullah, S. (2019). Perancangan Zine Pengenalan dan Penyikapan Quarter Life Crisis Untuk Anak Muda Usia 20-24 Tahun Daerah Kota Jakarta. E-Proceeding of Art & Design, 4093–4101.
Mochtar, M. Z. (2023). Menyelisik Kekuatan Mereka Invisible But Real. Jakarta: Deepublish Digital.
Nurlaila, C., Aini, Q., Setyawati, S., & Laksana, A. (2024). ‘Dinamika Perilaku Gen Z Sebagai Generasi Internet.’ Konsensus : Jurnal Ilmu Pertahanan, Hukum Dan Ilmu Komunikasi, 1(6), 95–102. https://doi.org/10.62383/konsensus.v1i6.464
Oktariani, & Ayu, L. (2025). ‘Psikoedukasi : Generasi Z dan Kesehatan Mental.’ Gotong Royong : Jurnal Pengabdian, Pemberdayaan Dan Penyuluhan Kepada Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.51849/jp3km.v4i2.77
Phangadi, M. (2019). ‘Peningkatan Pengidap Penyakit Mental pada Generasi Z Periode 2013-2018.’ INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/p6ms3
Phillips, W. J., & Wisniewski, A. T. (2021). ‘Self-Compassion Moderates The Predictive Effects of Social Media Use Profiles on Depression And Anxiety.’ Computers in Human Behavior Reports, 4, 100128. https://doi.org/10.1016/j.chbr.2021.100128
Himpunan Psikologi Indonesia. (2010). Kode Etik Psikologi Indonesia. Jakarta: Pengurus Pusat Himpunan Psikologi Indonesia.
Rosly, R., & Khalid, F. (2017). ‘Gamifikasi : Konsep dan Implikasi dalam Pendidikan.’ Pembelajaran Abad Ke-21: Trend Integrasi Teknologi, 144 (154), 1903–1910.
Sabam, F., Argindo, E., Maslan, R., Program, S., Desain, S., Visual, K., Rupa, S., & Desain, D. (2022). ‘Penggunaan Zine Sebagai Media Pengenalan Stage of Grief Kepada Remaja.’ Jurnal Komunikasi Visual Wimba, 13(2).
Septania, S., & Proborini, R. (2020). ‘Self-Compassion, Grit dan Adiksi Internet pada Generasi Z.’ Analitika, 12(2), 138–147. https://doi.org/10.31289/analitika.v12i2.4175
Tali, E., Potharst, E. S., de Bruin, E. I., & Utens, E. M. W. J. (2023). ‘Self-Compassion and Anxiety in Adolescents with and without Anxiety Disorder.’ Children, 10(7), 1181. https://doi.org/10.3390/children10071181
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.
Umaroh, A. K., Kurnia, S. I., Kusumaningtyas, B. M., Shabrina, F. A. N., Pratiwi, F. S., Hidayat, W. T., & Faiza, S. A. (2025). ‘School Heroes sebagai program edukasi kesehatan siswa SMP dengan Zine P3P.’ Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 6(2), 635–646. https://doi.org/10.33474/jp2m.v6i2.23734
Wibisono, G., & Hakim, Z. A. (2022). ‘Telaah Literatur Sistematis Intervensi Dalam Usaha Meminimalisir Quarter Life Crisis.’ Happiness, Journal of Psychology and Islamic Science, 6(2), 75–88. https://doi.org/10.30762/happiness.v6i2.552
Yanuar, A., Amanta, A. G., Puteri, M., Dahesihsari, R., & Ajisuksmo, C. R. P. (2021). ‘Self-Compassion Bagi Sandwich Generation: Program Psikoedukasi Melalui Media Sosial Instagram.’ Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(3). https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i3.13458
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Agis Borni Zunan, Nanang Ganda Prawira, Arief Johari (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This license allows users to:
- Share: Copy and redistribute the material in any medium or format.
- Adapt: Remix, transform, and build upon the material to create derivative works.
These freedoms are granted under the following mandatory conditions:
- Attribution (BY)
You must give appropriate credit to the original author(s) and Jurnal Desain, provide a link to the license, and indicate if any changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor (the author or the journal) endorses you or your use. When citing the work, reusers must include the article’s Digital Object Identifier (DOI) for permanent citation. - NonCommercial (NC)
You may not use the material for commercial purposes. Commercial purposes are defined as uses primarily intended for or directed towards commercial advantage or monetary compensation. For any commercial use, republication, or incorporation into commercial products, you must seek and obtain specific permission from the copyright holder(s). - No Additional Restrictions
You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Official Legal Code: For the complete and legally binding terms of this license, please refer to the official legal code: Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International Public License: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/.








